Cara Memasang Kaca Pada Rangka Kusen Hollow




Mungkin diantara anda ada yang ingin membuat jendela ataunpintu kaca yang menggunakan frame besi hollow  dan bingung cara memasang kacanya?

Saya akan share pengalaman bagaimana cara memasang kaca pada rangka /frame besi hollow.
Memang secara teori itu gampang,tapi untuk membuat hasil pekerjaan yang rapih ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Tentunya kita dan juga konsumen lebih menyukai hasil yang rapi daripada sekedar jadi dengan cepat.

Oke,ada beberapa cara memasang kaca pada rangka hollow. Ada yang menggunakan lis ada yang tanpa lis.
Yang tanpa lis mengandalkan keakuratan ukuran frame dan kaca,ditambah penambahan lem atau sealant. Cara ini tidak direkomendasikan, karena kurang kuat dan tidak rapi.

Macam-macam lis untuk memasang kaca pada besi hollow. 


1.Pipa kotak
Ada yang menggunakan pipa kotak untuk menjepit kaca pada rangka hollow. Pada sisi luar,pipa kotak ukuran 2x2 atau yg lebih kecil di las pada rangkan. Dibagian dalam lis ini di skrup dengan self drilling setelah kaca masuk.
Pekerjaan relatif lebih cepat  tapi tidak rapi. Lis penjepit masih terlihat besar. 
<

2.Besi nako (kotak)
Besi nako di bor seukuran baut M4,dengan kepala dibenamkan.
Kedua penjepit dipasang dahulu dengan setingan tebal kaca yg sudah ditentukan. Bor tap hollow sesuai posisi lubang. Bagian luar lalu dipasang,ditutup bautnya dengan dempul hingga nampak tanpa baut.
Bagian dalam di lepas saat pemasangan kaca dan dipasang kembali dan di sealant baik luar dan dalam.
Proses pengerjaan lumayan ribet dan butuh kesabaran tapi hasilnya memuaskan.

3.Kombinasi  plat strip dan besi nako
Pada bagian luar menggunakan besi plat strip kurang lebih ukuran 4x1" atau 4x3/4.
Plat dilas sesuai posisi kaca yg diinginkan. Lebih baik rata luar untuk meminimalkan genangan air. Lalu digrinda dan dempul hingga tidak terlihat sebagai sambungan. 
Bagian dalam,besi nako dibor dulu seukuran baut dengan kepala dibenamkan. Lalu diseting setebal kaca dan dibuatkan bor tap bautnya ke hollow. Saat pemasangan kaca dibuka dulu dan dipasang kembali lalu di sealent.
Cara ini yang biasa saya pakai dalam mengerjakan  macam macam kusen pintu dan jendel kaca frame besi hollow. 


Catatan.
Untuk menghindari tertukarnya jepit kaca bagian dalam,sebaiknya penyetelan dilakukan saat sudah di cat epoxy filler atau dicat dasar,sehingga tidk perlu melepas untuk mengecat.

<









Posting Komentar

0 Komentar