Home » , , , » Mesin Penyuir Daging (Mesin Abon)

Mesin Penyuir Daging (Mesin Abon)

Written By Bengkel NTK on Wednesday, May 8, 2019 | 7:37:00 AM

Abon adalah makanan yang yang terbuat dari serat  hewan. Penampilannya biasanya berwarna cokelat terang hingga kehitam-hitaman dikarenakan dibumbui kecap. Abon tampak seperti serat-serat kapas, karena didominasi oleh serat-serat otot yang mengering yang disuwir-suwir. Karena kering dan nyaris tak memiliki sisa kadar air, abon biasanya awet disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan yang kedap udara.

Abon biasanya dimakan sebagai lauk taburan di atas nasi, mie pangsit atau mie ayam, atau sebagai isi lemper dan biasa pula dimakan langsung seperti memakan atau mengkonsumsi camilan. 

Di Indonesia, daging yang biasa digunakan untuk membuat abon berasal dari daging sapi, sehingga orang mengenal 'abon sapi'. Selain daging sapi, bahan lain yang digunakan adalah ayam, babi, ikan, Kuda, dan kambing. 

Cara pembuatanSunting

Potongan daging baik itu sapi atau babi yang bagus dan yang telah dibumbui dengan garam, micin/penyedap dan kecap manis, direbus dan dididihkan dalam air hingga benar-benar lembut, sehingga serat-serat daging mulai terlepas, lumat dan mudah untuk disuwir-suwir. Hal ini karena kandungan kolagen dan elastin zat pengikat otot telah larut oleh air rebusan sehingga mudah disuwir-suwir.

Daging yang mulai tercerai-berai hasil rebusan ini kemudian dikeringkan, dapat dengan cara dijemur selama 2 hari atau dengan cara pengeringan yang menggunakan oven (oven listrik juga bisa). Setelah daging abon sudah dikeringkan, daging harus disangrai di atas penggorengan besar sambil ditumbuk-tumbuk. Ketika ditumbuk daging ini membentuk serat-serat daging yang menyerupai gumpalan benang/kapas. Saat disangrai ini serat daging ditambahkan bumbu-bumbu penambah rasa, seperti gula jawa, micin, sedikit kecap kenal, pemberi rasa pedas dan bawang goreng terus diaduk hingga benar-benar kering dan dikemas. Selain itu, beberapa abon yang dibuat dengan kualitas rendah sering ditambahkan bahan pengisi yang memberi cita rasa baru yang unik, seperti kacang koro pedang,dll.

Namun sekarang membuat abon bisa lebih mudah menggunakan mesin Penyuir daging atau mesin abon. Mesin ini mengganti proses penumbukan manual menggunakan tangkai tangkai penyuir dalam wadah yang digerakkan motor listrik.

Bengkel Las-Bubut NTK membuat mesin ini sesuai pesanan. Menggunakan bahan stainlles food grade pada wadah dan komponen penyuir sehingga higienisitas abon akan terjaga.

Spesifikasi Mesin Abon.

  • motor. : 0.5HP 1phase
  • tangki  : plat stainless 1mm 40x30x30cm
  • poros : 1"
  • batang penyuir : as stainless 12mm
  • meja alas wadah : plat stainless 1mm 20x60cm
  • total dimensi pxlxt : 60x60x60cm


0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Featured Post

Cara Memasang Kaca Pada Rangka Kusen Hollow